Belajar Seni Baca al-Quran (Pengantar)

NB:

Tulisan di bawah ini adalah salinan dari suara H. Muammar Z.A. dalam kaset pelajaran seni baca al-Quran bagian I yang berisi pelajaran lagu bayyâtî. Saya buatkan transkripnya untuk siapa saja yang menggemari seni baca al-Quran. Selamat membaca.

Para pendengar dan adik-adik sekalian para peserta yang terhormat.

Marilah sejenak kita pusatkan perhatian kita untuk mengikuti program pembinaan tilawatil Quran. Perlu disampaikan bahwa ada beberapa hal yang sangat penting untuk mendapatkan perhatian kita sebelum kita melangkah lebih jauh dalam pelajaran seni baca al-Quran ini.

Yang pertama, kita harus bisa membaca al-Quran dengan fasih dan bertajwid. Sebab hal ini merupakan masalah yang pokok. Kalau kita hanya mengejar lagu tanpa memerhatikan tajwid, ini merupakan satu kesalahan yang sangat besar. Kedua-duanya harus berjalan secara harmonis. Membaca dengan bertajwid, membaca dengan fasih, kemudian dilagukan secara harmonis.

Yang kedua, kita harus mempunyai bakat dan juga hobi. Kalau kita mempunyai hobi untuk membaca al-Quran, itu dapat memberikan satu jaminan bahwa kita dapat berlatih secara kontinyu (istiqamah). Sedangkan dengan bakat yang kita miliki, berarti kita memiliki suara yang bisa dibutuhkan dalam memelajari al-Quran ini, dan juga kita memiliki pernafasan yang cukup.

Yang ketiga, yang tidak kurang pentingnya, sabar dan ikhlas. Kita harus bersabar. Pelajaran ini betul-betul memerlukan kesabaran. Dalam memelajari seni baca al-Quran ini, kita akan banyak menghadapi kesulitan-kesulitan. Sebabnya adalah bahwa dalam seni baca al-Quran banyak hal-hal yang terkait di dalamnya. Baik dari segi tajwidnya ataupun qiraatnya. Kita perlu memelajari bagaimana pernafasan yang baik, bagaimana seluk-beluk lagu, dari lagu A, B, C, dan sebagainya. Semua itu betul-betul memerlukan kesabaran.

Kemudian juga kita harus ikhlas. Ikhlas dalam arti betul-betul memelajari seni baca al-Quran ini karena Allah semata. Dari mulai sekarang, coba canangkan ini. Jangan sekali-kali punya tujuan memelajari seni baca al-Quran ini hanya secara keduniawian. Misalnya hanya karena ingin menang dalam MTQ, hanya sekadar mengejar karir, ataupun tujuan-tujuan yang lain. Dengan dasar inilah, ada MTQ ataupun tidak, karena karir ataupun tidak, di mana kita berada dan kapan saja, kita senantiasa memelajari al-Quran.

Para pendengar sekalian, baiklah kita mulai saja pelajaran kita pada seri yang pertama ini.

Perlu saya sampaikan bahwa lagu-lagu yang dianggap sebagai lagu pokok dalam seni baca al-Quran ini ada tujuh jenis.

  1. Bayyâtî
  2. Shâba
  3. Hijâz
  4. Nahâwand
  5. Ra`ts
  6. Jiharkah
  7. Sika

Dengan demikian, selain lagu-lagu yang tujuh jenis ini dianggap sebagai lagu cabang, yang nantinya akan dipergunakan sebagai variasi dalam membentuk susunan atau komposisi lagu. Di antara lagu-lagu yang dianggap sebagai lagu cabang, misalnya lagu Nakriz, awsaq, zinjiran, raml, karqouk, dll.

Sekarang, marilah kita menginjak pada lagu yang pertama, yaitu lagu Bayyâtî.

Manakala bayyâtî ini diterapkan sebagai lagu yang pertama dan dalam susunan yang biasa atau susunan formal, lagu bayyâtî biasanya dibawakan dalam beberapa tahap tingkatan nada, dari mulai nada yang paling rendah sampai nada yang paling tinggi. Dalam tatanan seni baca al-Quran, tingkatan nada dikenal ada empat tahap. (1) qarar (rendah). (2) nawa (sedang). (3) jawab (tinggi). (4) jawabul jawab (sangat tinggi).

Untuk memberikan gambaran bagaimana jenis lagu bayyâtî, bagaimana jenis lagu shâba, dan lagu-lagu lain, diterapkan dalam syair (taushih).

Marilah kita coba sekarang taushih bayyâtî. (Disambung)

About these ads

21 thoughts on “Belajar Seni Baca al-Quran (Pengantar)

  1. Ass Wr Wb

    Dengan hormat,

    saya menggemari tentang seni baca alquran, dan saya berniat untuk mempelajarinya, tetapi kendalanya saya tidak tahu tempat dimana saya harus belajar dan dimana saya bisa dapatkan kaset atau cd untuk dapat saya belajar sendiri.

    mohon petunjuk atau informasi mengenai tempat belajar ataupun penjualan kaset atau cd agar saya dapat mempelajari seni baca alquran,

    mohon informasi dapat dikirimkan ke e-mail saya diatas.

    atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terimakasih,

    Wassalamualaikum Wr Wb.

    Hadis

    Asep:
    Terima kasih apresiasinya. saya sendiri belajar seni baca al-Quran dari bibi dan ibu saya, itu pun tidak sampai. maka saya juga tidak tahu di mana mesti beli kaset atau cd dimaksud. kaset yang ada pada saya pun adalah kepunyaan ibu saya. sy belum sempat bertanya dari mana beliau mendapatkan kaset tersebut, sebab kasetnya sudah lama sekali.

    Tapi insya Allah jika saya berkesempatan pulang kampung saat idul adha nanti, sy akan rekamkan suara bibi saya di HP, setidaknya untuk lagu-lagu tausheh. saya juga ingin sekalian belajar lagi sebab lama tidak dipake. nanti saya kirimkan ke email anda. insya Allah.

    Salam,
    asep

  2. Salam silaturrahmi dari kami, Pesantren Ath-Thohiriyyah Purwokerto, Banyumas.
    Kunjungi kami untuk menjalin erat tali silaturrahmi sesama penggemar al-quran di http:www.thohiriyyah.com
    terimakasih.
    azha nabil

  3. Asslmkm, pa asep yang dirahmati Allah, saya sangat ingin mendengarkan lagu-lagu tausyih, saya mohon untuk di e mailkan ke alamat e mail saya, untuk saya pelajari, syukran.

    Asep:
    Insya Allah.

  4. bang q pengen banget bisa ngelantunin al qur’an dengan baik…tolong kirim link untuk mendownload mp3 lantunan nya ya….ke email ku.

    Asep:
    Maaf, sy tidak punya link dimaksud.

  5. assalamualaikum…

    untuk memberikan gambaran bagaimana jenis lagu bayyâtî, bagaimana jenis lagu shâba, dan lagu-lagu lain, diterapkan dalam syair (taushih).

    minta syair’y dunk yg dalam tulisan arab…

    thx.

    @Wa’alaikumussalam wr wb.
    Teks lagu bayati, shaba, dan lain2 dalam tulisan Arab sudah saya posting di blog ini. Sila buka di kategori Seni.

  6. ass..

    thx atas info’y

    untuk syair (taushih) Nahâwand ko tidak ada ya?

    @O iya, rupanya dulu ada problem. Sekarang sudah ada. Sila dilihat.

  7. Lanjutannya mana, saya suka sekali tolong ya, dan berikut MP3, agar saya dapat mengikutinya ……

    @Lanjutannya langsung tausih/syair lagu qiraat. Bisa dibaca di blog ini juga. Yang format MP3 mohon maaf tidak bisa punyai.

  8. saya mau belajar/kursus seni baca quran yang diadakan pada hari sabtu atau minggu dimana ya yang bertempat di bekasi. tolong dong kasih tau…….

  9. teks yang saya baca di atas sampai volume 6b alhamdulillah saya sudah miliki mp.3nya yang saya ambil dari http://www.indowebster.com.
    namun saya masih penasaran dan ingin mengetahui mana yang disebut variasi cabag lagu seperti nakriz, lamr, dan awsaq. dan masih banyak variasi lagu yag saya tidak kenal saat saya mendengarkan lagu-lagu dalam alquran yang sering saya dengar dari syeh muammar za.

    mohon penjelasan

    @Sama, saya juga belum paham variasi lagu2 dimaksud. Maklum belajarnya waktu itu tidak sungguh2.

  10. Ass.wr.wb
    Alhamdulillah semoga kita semua dapat rahmat Allah,
    Saya mau tanya bagaimana teorinya lagu2 baca al qur’anitu,teori detailnya, misal bayati itu, tinggi rendahnya dimana, bagaimana mengakhiri bacaannya. dstnya denganke 6 lagu lainnya, mohon dibantu,karena banyak yang tanya, saya gak bisa jawab, kalau tahu akan saya sampaikan. terimakasih
    Wassalam wr.wb

  11. Assalam,,,,
    saya dapat tugas tentang seni baca al-qur’an,,, mohon bantuannya,,, definisi satu per satu dari lagu2 di atas… saya tunggu secepatnya,,,, syukron,,,

    @Waalaikumussalam, mohon maaf sblmnya, saya tidak tahu. Sy cuma nyalin isi kaset, tidak tahu selebihnya. Demikian. Terima kasih kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s