Menanam Pohon di Hari Ulang Tahun

Kita semua berutang pada bumi. Udara yang kita hirup, makanan yang kita konsumsi, air yang kita minum, barang-barang yang kita pakai atau miliki, dan sebagainya, semuanya berasal dari bumi. Jumlahnya tak akan terhitung, begitu pula nilainya. Jika kita bermaksud mengembalikan semuanya, seumur hidup pun mungkin kita tidak akan mampu.

Tapi pernahkah terpikir oleh kita untuk mengembalikan sebagian saja dari apa yang telah diberikan bumi kepada kita?

Bumi mungkin tidak akan menganggap apa yang diberikannya kepada kita sebagai utang, sebab dia sangat baik. Tapi kita, manusia, pun bukan makhluk yang tidak tahu berterima kasih. Oleh karena itu, mari kita tunjukkan martabat dan kehormatan kita sebagai manusia dengan cara membalas kebaikan siapa pun yang telah berbuat baik kepada kita.

Bagaimana cara membalas kebaikan bumi?

Dengan melakukan apa yang disukai bumi dan baik bagi bumi.

Apa itu?

Banyak sekali. Salah satunya menanam pohon. Pohon memproduksi oksigen (udara bersih) dan mengurangi kadar CO2 (udara kotor). Pohon menyimpan dan mempertahankan air di akar-akarnya. Pohon menghadirkan suasana rindang dan mengalirkan udara sejuk. Pohon juga memberikan buah-buahan serta manfaat lainnya.

Bumi menyukai pohon. Semakin banyak pohon, semakin baiklah kondisi bumi. Dan pada gilirannya, manusia jugalah yang menikmati.

Kapan menanam pohon?

Kapan saja. Saya sendiri melakukannya pada setiap hari ulang tahun saya, istri saya, dan anak saya. Sewaktu anak saya lahir, 28 November 2011, saya menanam dua pohon di kebun bapak. Dan awal Maret ini, dalam rangka memperingati ulang tahun saya yang ke-31, saya membeli tiga bibit buah (2 durian dan 1 rambutan), lalu menanamnya di kebun yang sama.

Semoga amal kecil ini diterima baik oleh bumi. Pohon kami tumbuh subur dan berbuah lebat, serta memberikan manfaat bagi kesehatan bumi di daerah kami. Amin. []

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s