Hegel tentang Moralitas dan Struktur Sosial

Pengantar

george-wilhelm-friedrich-hegelPemikiran etika Hegel merupakan sintesis dari etika Aristoteles dan etika Kant. Menurut Aristoteles, hidup etis terlaksana dalam partisipasi dalam kehidupan polis (negara kota). Jadi berpolitik, dalam arti partisipasi, dan beretika adalah sama. Sedangkan Kant membedakan secara tajam antara hukum (legalitas) dan moralitas. Bagi Kant, hukum adalah tatanan normatif lahiriah masyarakat. Dalam arti bahwa ketaatan yang dituntut olehnya adalah ketaatan lahiriah, sedangkan motivasi batin tidak termasuk. Maka taat hukum belum mencerminkan moralitas.

Selengkapnya di blog saya yang baru, asepsopyan.net.

About Asep Sopyan

Agen asuransi, blogger, youtuber, penyanyi amatir.
This entry was posted in Filsafat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Hegel tentang Moralitas dan Struktur Sosial

  1. zali says:

    hegel….
    dari sinilah komunisme berawal….
    terkadang komunisme jadi sebuah pilihan terbaik bagi mereka yang berada dalam kemunduran moral mungkin apabila pemerintah indonesia tidak mengantisipasi hal ini maka komunisme bukanlah tidak mungkin tumbuh kembali atau bahkan di cintai oleh para penerus bangsa , seperti yang telah kita ketahui sebuah partai berpaham komunis pada akhir 2004 telah tumbuh di indonesia yang segera bubar entah karena apa?? di bubarkan atau memang membubarkan diri atau memang sedang membentuk kekuatan dan embrio yang baru!!!

    Asepso:

    Komunis… Biasa aja lagi.

  2. Yans says:

    Bung Asep, saya juga copy tulisan yang ini. Makasih banyak ya. Tulisannya tentang filsafat bagus2.

    Asepso:
    Sama2. Smg kuliahnya lancar.

  3. Susan says:

    @Zali, jangan terlalu terburu-buru mengaitkan Hegel dengan komunisme. Kalau Hegel masih hidup, dia bakal marah besar kamu mengaitkannya dengan Komunisme. Hegel itu Idealisme, Komunisme itu Materialisme. Kalau mau bicara Komunisme lebih baik bicara Marx yang mengadopsi sekaligus menentang hampir semua pikiran2 / teori Hegel.

    Asep:
    Kok tahu Hegel bakal marah besar? Kalau aku jadi Hegel, aku akan bangga pikiranku dicabangkan ke mana-mana. Aku akan bangga orang2 membicarakanku dengan beragam tafsiran. Jika ada orang salah paham terhadap pikiranku, aku hanya akan tersenyum dan tidak akan menyalahkannya.

  4. jemo says:

    komunisme iti apa sech???????? biar kita gk asal latah

  5. 804424 says:

    jadi archelogi adalah ilmu yang mempelajari antara hubungan kebudayaan ide dengan dunia jasmani/kebudayaan fisik dan pengaruh hubungan tersebut dengan lingkungannya.Menurut craw ford adalah cabana dari ilmu peninggalan massa lampau. Manfaat dan relevensi studi archelogi massa kini tlg bedakan dan dijelaskan?????????

Leave a comment