Ziarah ke Makam Keramat di Kabupaten Pandeglang Banten

Unwinged - Ziarah (flickr.com)

Unwinged – Ziarah (flickr.com)

Latar Belakang

Ziarah makam tergolong tradisi yang sangat tua, barangkali setua kebudayaan manusia itu sendiri. Tradisi ini umumnya berhubungan erat dengan unsur kepercayaan atau keagamaan. Tradisi, menurut Parsudi Suparlan, sebagaimana dikutip oleh Jalaluddin (Jalaluddin, 1996: 180), merupakan unsur sosial budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat dan sulit berubah. Meredith McGuire (dalam Jalaluddin, 1996: 180), melihat bahwa dalam masyarakat pedesaan umumnya tradisi erat kaitannya dengan mitos dan agama.

Selengkapnya silakan dibaca di SINI.

About Asep Sopyan

Agen asuransi, blogger, youtuber, penyanyi amatir.
This entry was posted in Psikologi, Sosial and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Ziarah ke Makam Keramat di Kabupaten Pandeglang Banten

  1. salut pada artikel di atas, sangat sistematis, dan mudah dimengerti. terima kasih.

    Asep:
    Sama-sama.

    • nawi says:

      afwan ane minta alamat lengkap makam abuya dimyati sama ki bustomi krm ya rute dari jakarta

    • tedy sugihartadi says:

      Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
      Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
      Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai sukmo joyo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SUKMO JOYO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 082399985954 situsnya http://www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai sukmo joyo pasti akan di bantu

    • assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus….Atau KLIK DISINI

  2. Pingback: Bertemu Kancil di Taman Air Cikole Pandeglang « Asep Sofyan

  3. ibrahim says:

    no comment cuma nanya alamat lengkap makam syekh Abdul Jabbar . terima kasih.

    Asep:
    Makam Syekh Abdul Jabbar ada di kecamatan Karangtanjung. Dari kota Serang, naik bis jurusan Labuan, turun di depan makam Syekh. Lokasinya setelah kantor kecamatan Karangtanjung, lewati pabrik Sosro/Ades, sebelum pom bensin Kadubanen. Letaknya sebelah kanan.
    Dari Rangkas, ke pom bensin Kadubanen (perempatan), belok kanan terus sekitar 2 km. sebelah kiri. Semoga sampai.

  4. hadi says:

    cerita waktu ke makam syekh asnawi di caringin terdapat kesan komersil dan sangat disayangkan dengan kondisi sprti skarg yg mana masyarakatnya sdh lebih mengenal agama islam umumnya.

  5. Vega rider says:

    Syirik yg dibungkus dgn kata ibadah..

    Asep:
    Sayangnya kita tidak sedang membahas fikih ataupun akidah.

    • Kang Ibing says:

      Salut..Kang Asep sangat bijak dalam memberikan komentar, menandakan wawasan dan pengetahuan yang cukup mumpuni.
      sebaiknya untuk VR tidak asal memberikan komentar seperti ini bila tidak mengetahui culture /sejarah perkembangan Islam di Banten.

    • Kangsomay says:

      tentu saja ini masalah akidah. zaman nabi Nuh orang2 soleh yang telah mati dijadikan patung dan disembah. mereka berwasilah pada berhala itu agar disampaikan doanya kepada Allah bukan meminta pada berhala itu. padahal orang yang sudah mati hanya dua yang akan mereka alami, disiksa dengan siksa kubur atau menikmati nikmat kubur. mereka gak akan sempat mendengar doa2 orang yang masih hidup. jika iman ada benar anda akan setuju dengan saya. kita harus mengimani alam barzah bukan?

      simak hadits berikut
      Imam Muslim meriwayatkan dari shahabat Jundub bin ā€˜Abdullah, dimana ia menuturkan : ā€œAku pernah mendengar Rasululloh ShallAllahu ā€˜alaihi wa Sallam bersabda lima hari sebelum beliau meninggal dunia,

      ā€œŲ„Ł†ŁŠ Ų£ŲØŲ±Ų£ Ų„Ł„Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų£Ł† ŁŠŁƒŁˆŁ† Ł„ŁŠ Ł…Ł†ŁƒŁ… Ų®Ł„ŁŠŁ„Ų§ŲŒ ŁŲ„Ł† Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ł‚ŲÆ Ų§ŲŖŲ®Ų°Ł†ŁŠ Ų®Ł„ŁŠŁ„Ų§ ŁƒŁ…Ų§ Ų§ŲŖŲ®Ų° Ų„ŲØŲ±Ų§Ł‡ŁŠŁ… Ų®Ł„ŁŠŁ„Ų§ŲŒ ŁˆŁ„Łˆ ŁƒŁ†ŲŖ Ł…ŲŖŲ®Ų°Ų§ Ł…Ł† Ų£Ł…ŲŖŁŠ Ų®Ł„ŁŠŁ„Ų§ Ł„Ų§ŲŖŲ®Ų°ŲŖ Ų£ŲØŲ§ ŲØŁƒŲ± Ų®Ł„ŁŠŁ„Ų§ŲŒ Ų£Ł„Ų§ ŁˆŲ„Ł† Ł…Ł† ŁƒŲ§Ł† Ł‚ŲØŁ„ŁƒŁ… ŁƒŲ§Ł†ŁˆŲ§ ŁŠŲŖŲ®Ų°ŁˆŁ† Ł‚ŲØŁˆŲ± Ų£Ł†ŲØŁŠŲ§Ų¦Ł‡Ł… Ł…Ų³Ų§Ų¬ŲÆŲŒ Ų£Ł„Ų§ ŁŁ„Ų§ ŲŖŲŖŲ®Ų°ŁˆŲ§ Ų§Ł„Ł‚ŲØŁˆŲ± Ł…Ų³Ų§Ų¬ŲÆ ŁŲ„Ł†ŁŠ Ų£Ł†Ł‡Ų§ŁƒŁ… Ų¹Ł† Ų°Ł„Łƒā€

      ā€œSungguh, Aku berlepas diri atas nama Allah untuk memiliki seorang khalil (kekasih yang sangat dekat) dari kalian, karena sesungguhnya Allah Subhanahu wa Taā€™ala telah menjadikan aku sebagai khalil-Nya, sebagaimana Ia telah menjadikan Ibrahim sebagai khalil-Nya. Seandainya aku boleh mengambil seorang khalil dari umatku, maka aku akan jadikan Abu Bakar sebagai khalil-ku. Dan ketahuilah, bahwa sesungguhnya umat-umat sebelum kalian telah menjadikan kuburan para Nabi mereka sebagai tempat ibadah, dan ingatlah, janganlah kalian menjadikan kuburan sebagai tempat beribadah, karena aku benar-benar melarang kalian dari perbuatan ituā€.

      sangat jelas Kuburan para Nabi saja dilarang apalagi kuburan orang biasa yang tidak maksum. Wallahua’lam Bishowab.

  6. adi says:

    tulisannya bagus mas. sreg dibaca.
    kebanyakan artikel ngambil sudut pandang fiqh sih. kalo tulisan ini kan lebih ke arah sosial humaniora. jarang ada tulisan kayak begini.
    Tapi, mas, apa benar orang di banten menolak untuk dikatakan memuja para wali atau arwah leluhur ? itu kayaknya orang-orang paham agama saja yang nolak. kalo yang awam gimana tuh ?
    oia, kalo di pandeglang, selain makam, tempat lain yang diziarahi apa lagi mas ?
    Trims.
    Ditunggu lagi tulisan yang terbaru

    Asep:
    Terima kasih. Tulisan ini mulanya hendak dijadikan skripsi di Fakultas Psikologi, tapi kata dosen pembimbing terlalu antropologis. Jadinya skripsi saya diganti judulnya, dan penelitian ttg tema ini batal dilakukan. Makanya itu kemudian saya tergelincir pada generalisasi tanpa data: bahwa orang-orang Banten menolak kalau dikatakan memuja orang-orang yang telah mati. Kalau yang ziarah orang-orang santri, tentu mereka tidak memuja orang mati. Kalau orang awam, saya tidak tahu. (Jadi saya tidak bisa jawab pertanyaan anda). Tapi dugaan saya, kebanyakan mereka juga tidak memuja orang mati.

    Tempat selain makam yang diziarahi adalah tempat persinggahan tokoh besar, misalnya Situs Batu Quran di Cibulakan, konon tempat munculnya Syekh Mansur ketika pulang dari Mekah lewat sumur Zamzam.

    Demikian. Sejauh ini saya belum punya niat menulis tema serupa.

  7. RE. Vishnu Kusumawardhana, SH says:

    Assalamuallaikum………..

    Saya hanya mau berbagi informasi, di daerah Rangkasbitung juga ada makam yang dikeramatkan, disana makam2 keramat tersebut cukup banyak, tapi yang pernah saya datangi adalah makam :
    1. Ki Buyut Syaikh Raden Aria Bogana
    2. Ki Buyut Syaikh Raden Aria Mendung
    3. Ki Buyut Syaikh Aria Mangunyuda

    Ket : ketiga Syiakh ini saudara kandung, dan ketiganya di makamkan di darah Rangkasbitung, sewaktu saya rutin kesana, belum begitu banyak masyarakat sekitar yang mengetahui makam2 keramat ini, barulah setelah bulan Maulid kemarin (sekitar bulan Maret 2010), ketika saya kembali berziarah ke makam tsb bersama beberapa orangbteman, ternyata saya dan teman harus mengantri untuk berziarah.
    Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk para sedulur2 yang lain.

    Asep:
    Wah, terima kasih banyak informasinya. Insya Allah bermanfaat.

  8. PRAST says:

    Kenapa ya kalo di tempat2 keramat di daerah Kulon (Jawa Barat & Banten) kok banyak sekali peminta2 dan bahkan ada yg maksa…?
    Agak beda dibandingkan dengan di daerah Jateng & Jatim.
    sebenarnya bersedekah memang bagus, tapi kalo dikuntit terus & dipaksa2 kok rasanya “gimana gitu”.
    Mirisnya lagi banyak sekali anak2 yg meminta2, tanpa orang tuanya atau orang dewasa di sekitar lingkungan keramat tersebut yg melarang.
    Sepertinya butuh ditertibkan dengan baik, dikasih pengertian bahwa “tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”.
    Belum lagi adanya “Calo doa” yg menyatakan doanya lebih afdhal daripada orang lainnya, bahkan pengalaman pribadi di Makam Maulana Hasanudin, ketika saya di dalam cungkup makam ditarik Oknum yg menyatakan bahwa doa di makam sebelah Maulana Hasanudin lebih makbul, kemudian ada yg narik lagi & menyatakan doa di makam yg sebelahnya lagi lebih makbul. Akhirnya saya ke luar & memilih sendirian, bertafakur saja daripada nuruti “Calo Doa” tersebut. Belum lagi peti2 uang sedekah yg ditunggui Oknum2 tertentu.
    Waduh….sungguh miris….
    Mohon dimaafkan, ini hanya uneg2 pribadi, semoga ada pemecahan yg bijak.
    Tks

    Asep:
    Memang, saya kira itu keluhan dari banyak peziarah. Pemecahannya saya kira perlu dimulai lewat pertemuan seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder) tempat ziarah (pemerintah, keluarga ahli waris, masyarakat sekitar, peziarah, dll). Terima kasih.

  9. ucup says:

    sy tinggal di serang, banten, memang komplek pemakaman sultan hasanuddin, banten, terlihat tidak terawat, hal bisa dilihat dari kebersihan, dan kenyamanan ironis dengan iuran yang memaksa dihampir tiap belokan, jika dikelola dengan benar iuran itu bukan saja bisa sekedar menjaga kebersihan tp juga merenovasi, bukan cuma itu hal ini bisa juga menjadi industri pariwisata banten, tp hal ini susah dilakukan karena pemda-nya tdk tanggap, bukan cuma di mesjid agung banten, tp hampir seluruh penjiarahan, pariwisata di banten sangat berlebihan dlm mengambil iuran yg tdk sesuai dgn keadaan

  10. Ricci Perdana says:

    mohon tampilkan riwayat para tokoh2 yg turut serta dalam membangun banten y…..
    contoh : Riwayat Ki Abu Putih, Sapu Jagad, Ki Astra yg letaknya di Desa Tirtayasa Kabupaten Serang (karena sebagian narasumber sdh banyak meninggal dunia sehingga yg ditakutkan rantai sejarah terputus dan jadi fiksi ceritanya)

    thx……

    Asep:
    Waduh, saya tidak tahu. Saya menulis ini hanya berdasarkan referensi buku.

  11. rudi says:

    mas tolong saya dicarikan makam Syeh Malabar yang katanya ada didaerah banten.penting banget!! terima kasih.

    @Wah, maaf ya, sy jg tidak tahu.

    • wahyu says:

      saya jg sudah pernah dengar tentang syeh malabar,,,mungkin di daerah pegunungan malabar di jawa barat itu…

  12. Sulaeman says:

    Kang asep, boleh saya minta alamat yg jelas para ulama yg kang asep sbutkan d atas, sy ga tau btul alamatnya, trimakasih, juga tentang artikelny sungguh sngat luar biasa, sy brharap kl bsa yg lbih terperinci lg tntang alamatny d mana siapa keturunannya yg msih hidup, sukses trus. Amin

    @Maaf tidak bisa bantu, permintaannya cukup berat.

  13. h4d1 says:

    tawassulan … memang bkn menyembah org yg sudah mati, tp alangkah naif nya jika seseorang menganggap tawasul tdk diprbolehkan atau malah mengharamkan, islam modern muncul siapa gurunya? siapa pendahulunya? siapa yg memperjuangkan syiar islam terdahulunya? islam modern diibaratkan makan kacang lupa kulitnya!!!
    minimal harus tau dong tokoh2, syeh2 atau aulia pendahulu yg mengajarkan islam sehingga islam berkembang pesat supaya kita ga dibilang org dusun/gagap.

    Sy orang awam kok tp tau beberapa makam karomah dibanten diantaranya :

    1. Maulana Hasanudin – Banten
    2. Maulana Yusup – Banten
    3. Syeh Nawawi – Tenara
    4. syeh muhamadsholih – Gg. Santri Bojonegara Cilegon
    5. Syeh Rako (Simperem) = Gg. Karang
    6. Syeh Ki Karan = Gg.Karang
    7. BantenGirang
    dll ..

  14. h4d1 says:

    komentar vega rider.. cetek ilmunya tuh …

  15. sohibul'badar says:

    yg di tekankan pada ziarah adalah sedekah kpda ahli waris atw pribumi, menghormati pada perjuangan nya dlam membawa islam hingga berada di antara qt skarang ini krna jika tidak ada para ulama dan waliyullah maka islam tidak pernah ada di antara kita, tafakur terhadap diri pribadi krna sesungguhnya mahluk ciptaan-Nya akan kembali pada-Nya (kita akan meninggal) tidak ada kekuatan apapun yg membuat abadi krnan sesungguhya Gusti ALLAH SWT yg maha Abadi, jd yg berilmu dn mempunyai keturunan atau kelebihan skalipun akan wafat apalgi kita yg bnyak dosa! jdikan jiarah sebagai tafakur diri agar mnjadi manusia yg lebih baik …

    maaf jika ada kesalahan karna sya jg manusia doif yg bnyak kesalahan….
    daripada saling menyalahkan mari kita instropeksi diri dulu…

    • patrol motor says:

      betul instropeksi diri aja dulu…. diatas langit masih ada langit. klo sudah membudaya mau dikata apa.wong semuanya masalah prinsip ko.

  16. Intan says:

    Maaf,, saya hanya ingin tau katanya di banten ada makam keramat bapung kaldam,, mohon iformasinya. Terima kasih.

    @Waduh, maaf, saya sendiri belum pernah mendengar nama itu. Jadi tidak bisa bantu info. Terima kasih telah berkunjung.

  17. tatumastrez says:

    maf,kg asep,? saya tambahin; nyi mas gamparan;di ciseukeut,arah tanjung lesung.kurang lebihnya saya mohon ma’af,triems?

    @Oh, makasih kawan. Pengetahuan saya juga kurang banyak šŸ™‚

  18. tb.ahmad says:

    kang saya mau pinta tampilan poto abuya armin cibuntu klo ada mksh……….

    @Salam. Mohon maaf, saya tidak punya foto dimaksud.

  19. Cep tony says:

    Asslmlkm…
    Mf kang asep..
    Sma cuma mo tanya almat,.. (he,he, kaya ayu ting-ting aja…)
    makam eyang jarimbang yg katanya ada di cibuah pandeglang banten,
    klu ada yg tau tlng ksh tau rute nya.. Saya dari karawang…
    Makasih sblum ny….

    @Maaf Cep Tony, mgkn bisa tanya ke orang yang lebih tahu dripada saya. Ini linknya: http://goermunsorif.blogspot.com/.

    • muhidin says:

      mf…klo mo ke makam syekh jarimbang, klo dari rangkas bitung lebak, naik yang ke arah pandeglang krang lebih 22 Km turun di daerah sabi ( cibuah liwat dikit/perbatasan lebak-pandeglang) dri situ nyebrang masuk kesebelah knan kra2 1km

  20. Pingback: Tempat-tempat Ziarah Keramat di Kabupaten Pandeglang | INNO MUSLIM

  21. Maman Abu Azmah says:

    Oke, mklah ini hanya deskripsi lapangan, ga da smpulan. Sbgai tmbahan : orng yg ga snang ziarah qubur (baca: klmpok MUKAFFIRIN, mu’jibin bi anfusihim) biasanya mengklaim bhw ziarah kubur tu pnyembahan. Klaim dmkian tdk terlalu salah, namun harap mereka terjun lapangan sndiri, agar tdk gampang men GENERALISIR sprti itu. ya kan Mas asep ???
    Bagi shbt H4d1, Maqam Syeikh Muhammad Nawawi Banten bukan di Tenara, melainkan di Mekkah. Yg di tenara tu mawlid (tempat lahir) beliau.

  22. fajar says:

    punten<: Makam NYI MAS RARA SANTANG atau NYI MAS RATU GAMPARAN (GUMPARO) dan Makam TUBAGUS BAOK (KI BAOK) ada di Desa Kadu Kacapi Kec. Ciomas. Rute Pasar Ciomas lurus dan kira2 200 meter belok ke kiri kurang lebih 2 km ketemu Desa Kadu Kacapi. Dua-duanya pejuang di Era Sultan MAULANA HASANUDDIN dan merupakan makam keramat. dibawah makam Nyi Mas Ratu Gamparan terdapat sumber mata air. Sy pernah ziarah di sana, semoga membantu.

  23. kardi says:

    mikum……?
    maaf kang asep saya mau tanya alamat “abuya armin cibuntu pandeglang”, kalo saya naek motor, alamat saya di kronjo deket pulo cangkir, minta petunjuk jalannya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih…..!
    assalammualakium…………………… di tunggu jawabanya

  24. akin says:

    makam nyi mas gandasari di cirebon bukan di panimbang, kalau di panimbang hanya patilasan nyi mas gandasari.

  25. SubhanaALLOH.. Semoga pemerintah provinsi ‘paham’ maksud dari tulisan ini. Mohon dijaga kelestarian alam di kawasan makam tersebut.. Aamiin (y)

  26. tri says:

    ass wr wb.
    mau tanya klo mau ziarah ke tempat syeh nawawi di pandeglang lewat mana y?? kt bnyak yang kesitu, tolong kasih tau tempatnya, rutenya, secara lengkap.
    trma ksh atas bantuanya
    ass wr wb.

  27. Nyimak aja gan,, semoga bermanfaat,,

  28. Pingback: batu quran pandeglangCara Gampang Greenthekeys | Cara Gampang Greenthekeys

  29. Mufid Wangi says:

    Jiarah adalah kebutuhan sama seperti sandang pangan papan.

  30. annisa fajriati says:

    makasih ya artikelnya bermanfaat sekali , mohon izin di copy šŸ™‚

  31. ya mungkin mamang2 sudah pinter2 tau sejarah2 di pandeglang, saya ajA yang ank pandeglang baru tau dari mamang2 sejarah ya

  32. endang says:

    ulasane cakep bro,,,mugi2x iso kaweruh ”enjoy

  33. Rony says:

    apakah dipandeglang ada makam ibu ratu marsikah, mohon bantuannya

  34. jahidi says:

    apakah di pandeglang ada makam ki kalijaga, mohon bantuan nya bang…?

  35. SYAHRIL says:

    nih kurang lengkap nih,, ente tau nyah SYEH HASANUDIN,SYEH DAUD CIGONDANG BANTEN,SYEH KI ASNAWI CARINGIN BANTE,SYEH MANSUR CIKADUEN BANTEN,, TAPI ENTE BELOM TAU DAERAH DALEM PANIMBANG SEPERTI ANA AWALAI NYI MAS GAMPARAN DAN TIDAK JAUH DARI NYIMAS GAMPARAN ADA LAGI TUH ANA LUPA NAMA NYA SOALNYAH JARANG ZARAH SEKARANG MAH,,TERUS AJAH ITUH SAMPE UJUNG KULON PATILASAN PRABU SILIWANGI.. DLL

  36. syaid khan says:

    Gan ane mqu tqnya ada yang tqu tentang sejarah kiyai muhamad syaid binvardan atau dikenal dengan kiyai striya di ds cibuntu

  37. Johari says:

    Pezarahan di Caringin itu bagi saya sangat tdk pas para pengelolanya. Masa harus ada tender wafaq berbalut sumbangan pembangunan, dsb. Masya Allah…..peziarah direpotkan dan dibingungkan dg hal tsb.

  38. dahli says:

    Ketua penjarahan melarang untuk nengeluarkan wapak di penjarahan caringin ternyata tidak di dengar silahkan mengadakan konsultasi dengan ketua penjarahan caringin.

  39. Yazid rabbani says:

    Maaf sebelumnya ane mau nanya ada yg tau gak silsilah nya nyi mas gamparan? Seandainya ada yang tau tolong di posting agar kita bisa tau garis keturunannya atau wali wali lainnya…. terima kasih

  40. Boim says:

    Assalamualaikum, saya juga suka ziarah ke Banten ,yaitu syekh maulana magrib dan syekh jarimbang ,di makam syekh jarimbang lebih sunyi dan tdk ada pengemis atau pun juru kunci ( kuncen)

  41. asep uhya says:

    haturnyhun dulur2 nu parantos ngadamel artikel ieu mugia d pasihan rohmat ku gusti ALLAAH NU maha agung aaaammmiiiiinn yaa robbal ‘alamiiin

  42. dedi says:

    Aslmkm. Mudah2an dziaroh ka maqbaroh para aulya Allah tiasa ngajantenken urang ka belajar Tafakur .tadzakur .Taddabur .tadzkiroh .tasyakur .tanbih .tasyabbur.
    Allah ngamulyaken para wali2na .para Wali di ciptaken kanggo kalipah di alam dunia dsb

Leave a reply to Dhilan Djalani Kusumaputra Cancel reply